3 Cara Backup Data Pribadi di Ponsel Android

JAKARTA – Setiap orang memiliki ponsel yang dijadikan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhannya dalam mencari informasi, hiburan, dan semacamnya. Ketika menggunakan ponsel tersebut, pengguna pasti akan menyimpan banyak data pribadi yang sangat berguna.

Jika di satu situasi kehilangan ponsel atau mengalami kerusakan, kemungkinan besar semua data berharga yang ada di dalamnya turut hilang. Namun dengan makin berkembangnya teknologi, hal tersebut bisa diatasi.

Baca Juga:   Daftar Aplikasi dan Situs yang Tak Bisa Diakses Pakai Kuota Internet dari Kemendikbud

Baca Juga:     Tips Memperbarui WhatsApp yang Kedaluarsa

Okezone. com coba membantu Anda untuk memberikan solusi cara mudah mencadangkan (backup) data di ponsel Andorid. Berikut langkahnya, sebagaimana telah dirangkum dari Androidpit.

1. Backup otomatis menggunakan Google

Melakukan backup dengan Google merupakan salah satu cara yang mudah untuk memastikan Anda dapat mengakses dan memulihkan data yang hilang ke ponsel baru. Langkah-langkahnya:

– Buka menu “Setting” di ponsel dan pilih “System”, lalu buka “Backup”.

– Jika Anda tidak dapat menemukan opsi ini, gunakan fungsi pencarian dan cari “Backup”.

– Kemudian klik “Backup”, setelah itu akan terbuka halaman dengan opsi “Back up to Google Drive”. Pada halaman ini Anda dapat dengan jelas melihat semua data yang akan di-backup.

– Lalu aktifkan opsi Backup dan pilih akun Google tempat data ini perlu dicadangkan.

– Setelah ini selesai, ponsel secara berkala akan mengambil cadangan dari hal-hal yang disebutkan di atas yang dapat Anda “Recover” saat Anda mengatur ulang ponsel atau membeli ponsel baru.

2. Backup foto menggunakan Google

Foto merupakan salah satu data yang sangat berharga bagi sebagian besar orang dan kemungkinkan disimpan di ponsel. Jika ponsel Anda rusak atau hilang, pastinya akan sangat disayangkan karena bisa saja kehilangan foto-foto berharga yang ada di dalamnya. Untungnya, Google menyediakan fitur mencadangkan foto dengan aman dan otomatis. Ini caranya:

– Buka Google Photos.

– Lalu klik lingkaran di pojok kanan atas untuk mengakses menu “Settings”.

– Kemudian Buka “Photos Settings”.

– Setelah itu buka “Backup and Sync”.

– Klik “On” pada “Switch” yang tersedia.