Alquran dan Sains Jelaskan Erosi Ubah Gunung Jadi Daratan

Alquran dan Sains Jelaskan Erosi Ubah Gunung Jadi Daratan

EROSI merupakan peristiwa pengikisan benda padat akibat transportasi angin, air atau sera, karakteristik hujan pada tanah serta material lain. Erosi dapat mengubah bentuk suatu benda. Misalnya salahsatu gunung yang berubah menjadi daratan akibat erosi.

Dalam buku ‘Sains dalam Alquran’ yang ditulis Nadiah Thayyarah disebutkan ada beberapa ayat di kitab suci Alquran yang mengungkap sesuatu ini.

Baca juga: Ini Penjelasan Alquran dan Sains Mengenai Terbentuknya Alam Semesta 

“Dialah yang menjadikan Bumi sebagai hamparan bagimu lalu langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui, ” Surah Al Baqarah Ayat 22.

“Dan bumi itu Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami), ” Surah Az-Zariyat Ayat 48.

“Dan Allah menjadikan Bumi untukmu sebagai hamparan, supaya kamu menjalani jalan-jalan yang luas di Bumi itu, inch Surah Nuh Ayat 19–20.

Ayat ini mengisyaratkan bahwa kulit Bumi merupakan bagian tipis yang disiapkan Allah Subhanahu california ta’ala sebagai tempat hidup manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan. Penelitian-penelitian ilmiah kemudian membuktikan pernyataan Alquran tersebut.

Baca juga: Gunung Berfungsi sebagai Pasak Bumi Dijelaskan dalam Alquran dan Sains 

Kulit Bumi yang sebelumnya berupa bola api telah menjadi lapisan padat dan keras yang memiliki permukaan-permukaan tinggi (gunung), rendah (lembah) dan dataran.

Proses erosi (pengikisan) kemudian mengubah permukaan-permukaan yang tinggi tersebut menjadi dataran-dataran rendah, jalan-jalan, dan berbagai macam relief lainnya, sehingga menjadi tempat yang layak untuk dihuni dan ditinggali dengan manusia serta binatang.

(han)