Apple macOS Monterey Resmi Diluncurkan, Berikut Fitur Terbarunya

JAKARTA – Apple mengumumkan pembaruan untuk sistem operasi desktop yakni macOS 12 Monterey yang mengusung beberapa fitur baru bahkan sebagian eksklusif untuk macOS dan lainnya dipinjam dari iOS 15 dan iPadOS 15.

Salah satu fitur utama di macOS Monterey adalah Kontrol Universal. Dengan fitur itu, pengguna dapat mengontrol iPad dengan keyboard dan mouse atau trackpad Mac mereka.

Fitur tersebut tidak memerlukan pengaturan dan pengguna hanya perlu meletakkan iPad di sebelah Mac. Pengguna kemudian dapat menggerakkan mouse ke semua Mac dan iPad, mengutip penjelasan Apple di laman resminya, Selasa, (8/6/2021).

Baca Juga:   Cara Mengosongkan “Tempat Sampah” MacOS secara Otomatis

macOS juga mendapatkan AirPlay ke Mac. Dengan fitur ini, pengguna dapat AirPlay audio dan Video dari iPhone atau iPad ke Mac, seperti yang dilakukan dengan Apple TV.

Fitur Ini akan memungkinkan pengguna menggunakan tampilan Mac untuk menampilkan video atau presentasi dari ponsel atau juga memutar audio apa pun yang mungkin diputar di ponsel.

Baca Juga:   iPadOS 15 Hadir dengan Format Widget Lebih Besar 

macOS Monterey juga mendapatkan Safari yang didesain ulang dengan bilah (tab) baru yang mengintegrasikan alamat dan kotak telusur dalam tab aktif, dan grup tab untuk mengatur tab yang sering dibuka dalam grup khusus. Safari juga dapat menyesuaikan warna UI dengan mulus agar sesuai dengan desain halaman web saat ini.

macOS Monterey juga mendapatkan Pintasan, fitur yang pertama kali diluncurkan di iPhone. Sama seperti di iPhone, Mac sekarang dapat mengotomatiskan tugas yang biasa dilakukan dan pengguna dapat meluncurkannya dengan satu klik.

Pengguna juga dapat mengimpor alur kerja yang ada dari Automator ke Pintasan atau terus menggunakan Automator. Pintasan terintegrasi di seluruh OS sehingga pengguna dapat meluncurkan alur kerja dari mana saja, termasuk Siri.

Selain itu, macOS Monterey mendapatkan banyak fitur baru yang ditemukan dalam iOS dan iPadOS 15, mencakup semua peningkatan baru pada FaceTime, termasuk audio spasial, yang membuat suara orang yang diajak bicara muncul dari posisi orang tersebut di layar.

Isolasi Suara akan memungkinkan pengguna menghilangkan kebisingan latar belakang dan Spektrum Lebar akan memungkinkan semua kebisingan sekitar masuk. Mode Potret baru akan secara otomatis mengaburkan latar belakang.

Shareplay memungkinkan pengguna berbagi konten seperti musik, film, acara TV, dan lainnya dengan orang yang Anda FaceTiming. Pengguna juga dapat membagikan layar.

Apple juga menyediakan API sehingga pengembang aplikasi lain dapat membawa aplikasi mereka ke FaceTime untuk dibagikan.