GenZ Mendominasi, Kuasai Daftar YouTuber dengan Subscriber dan Pendapatan Terbanyak

JAKARTA – YouTube kini bukan lagi hanya sekedar platform menonton video saja. Sebab, tidak hanya media untuk mengunggah karya, platform ini juga dapat menghasilkan pemasukan bagi sang kreator.

Bahkan ada sebuah pekerjaan baru yang lahir dari platform ini atau yang sering disebut sebagai YouTuber. Tak sedikit orang yang memutuskan untuk menjadi YouTuber dan memiliki channel YouTube sendiri. Bahkan beberapa konten kreator YouTube asal Indonesia memiliki jumlah subscriber hingga jutaan yang tentunya akan memberikan pendapatan yang banyak pula.

BACA JUGA: Setahun Jadi Youtuber, Gading Marten Siapkan Proyek Baru Bareng Raffi Ahmad

Yang menarik dari daftar tujuh YouTuber dengan subscriber dan pendapatan terbesar ternyata didominasi oleh Gen Z. Setidaknya tiga kanal YouTube yang dimiliki oleh Atta Halilintar, Ria Ricis dan Gen Halilintar mewakili oleh kelompok Gen Z yakni mereka yang lahir pada tahun 1994-2005.

Sebaliknya Deddy Corbuzier, yang terkenal dengan podcast YouTube Close the Door justru datang mewakili kelompok Gen X atau mereka yang lahir di tahun 1964 hingga 1979.

Generasi Y atau Milenial justru diwakili oleh dua pasangan selebritas Indonesia yakni Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan kanal YouTube RANS Entertainment serta Baim Wong dan Paula Verheoven di kanal YouTube Baim Paula. Kedua pasangan selebritas ini lahir di rentang 1980 sampai 1994.

Berikut adalah YouTuber Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak, Sabtu (1/5/2021)

BACA JUGA: Maling Uang Rp4,2, Juta dari Pet Shop, Eks YouTuber Diamankan Polisi

1. Atta Halilintar

Atta Halilintar menjadi YouTuber Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak. Channel Youtube Atta hingga saat ini tercatat memiliki 27,4 juta subscriber. Diketahui Atta Halilintar lahir tahun 1994 atau tepat peralihan antara Gen Y atau milenial ke Gen Z,.

2. Ria Ricis

Ria Ricis yang lahir tahun 1995menjadi YouTuber dengan subcriber terbanyak ke dua di Indonesia saat ini. Adik Oki Setiana Dewi ini memiliki 25,2 juta subscriber di channel Youtubenya.