Google Classroom Mudahkan Guru Berkomunikasi dengan Siswa, Intip Fiturnya

Google Classroom Mudahkan Guru Berkomunikasi dengan Siswa, Intip Fiturnya

JAKARTA – Di masa pandemi Covid-19, Google Classroom menjadi platform layanan belajar online yang bisa digunakan. Google Classroom dirancang guna membantu para pengajar tetap mengadakan kelas secara teratur dan berkomunikasi dengan siswa.

Selain itu, Google Classroom juga memiliki fitur dan manfaat lainnya yang bisa Anda gunakan. Berikut hal yang dapat Anda lakukan di Google Classroom.

Menghemat Waktu Pengajar

Dalam satu waktu banyak hal yang dapat dikerjakan di Google Classroom, antara lain:

– Anda dapat menambah siswa dengan mudah (menggunakan kode)

– Mampu mengelola beberapa kelas

– Mengajar bersamaan (hingga 20 instruktur)

– Memberi tugas yang beragam (seperti YouTube, survei Google, Formulir, PDF dan item lain dari Google Drive)

– Menyesuaikan tugas (tambahkan kategori nilai, batas waktu, nilai poin, dan topik ke tugas yang Anda buat)

– Pengajar dapat memposting tugas individu

– Mempersiapkan bahan di awal (buat draf)

– Menyimpan referensi (seperti sheet pendaftaran, silabus, kelas, atau teks online)

– Menilai dengan cepat dan mudah

– Mentransfer nilai

– Menggabungkan dengan fitur aplikasi partner lainnya

Berkomunikasi dan Berkolaborasi

Google Classroom berbasis online, Anda bisa mengaksesnya kapan dan di mana saja 7×24 jam di web atau aplikasi di smartphone Anda. Anda bisa buat masukan (komentar atau edit tugas) secara tepat waktu di fitur penilaian.

Kemudian, Anda juga dapat membuat diskusi kelas dengan libatkan siswa dengan diskusi berbasis pertanyaan. Pada saat diskusi, Anda bisa mengelola kelas mengatur siapa saja siswa yang dapat memposting dan nonaktifkan dari posting-an diskusi.

Selain itu, Anda bisa mengirim konten di halaman secara langsung ke kelas dengan ekstensi berbagi ke classroom. Bagi pengajar domain G Suite dapat melakukan berkomunikasi dengan wali mengundangnya melalui email evaluasi (mencakup tugas siswa yang akan datang atau terlewat).

Dukungan Mudah bagi Administrator

Siapapun dapat menggunakan Google Classroom karena platform ini terjangkau dan aman (dukungan 7×24 jam gratis). Apalagi Anda dimudahkan dengan cukup sekali login.

Classroom juga menyediakan setelan izin (aktifkan atau nonaktifkan bagi semua pengguna, unit organisasi tertentu, dan distrik sekolah G  Suite for Education lainnya) dan menentukan siapa saja pengajar yang dapat mengelola kelas.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai perlindungan data pribadi. Classroom menyediakan metrik pengguna Classroom, sehingga administrator dapat melihat laporan penggunaan Classroom di konsol Admin.

(ahl)

Loading…