Meroket dari Tayangan Berkualitas, Ini Pesan Lyodra untuk Anak Bangsa Setelah Juarai Indonesian Idol

Meroket dari Tayangan Berkualitas, Ini Pesan Lyodra untuk Anak Bangsa Setelah Juarai Indonesian Idol

JAKARTA Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengadakan webinar dengan agenda bertajuk Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa dan tema “Berkreasi Melalui Media Penyiaran di Era Digital” pada Rabu, 21 Oktober 2020.

Hadir sebagai narasumber adalah Ketua Komisi 1 DPR RI Meutya Hafid, Direktur Program dan Akuisisi RCTI Dini Putri, Komisioner KPI Pusat Hardley Stefano dan juara pertama Indonesian Idol X Lyodra Margaretha Ginting Idol.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyatakan, sekarang ini televisi merupakan media pilihan masyarakat terlebih lagi di masa pandemi, dimana banyak orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah ketimbang beraktivitas di luar atau kantor.

“Apresiasi kepada KPI yang sudah mengadakan acara literasi seperti ini, karena dapat mengedukasi masyarakat dalam memilah tayangan yang berkualitas. Sejatinya, frekuensi televisi adalah frekuensi milik masyarakat, sehingga sudah sepantasnya tayangan – tayangan di televisi kita awasi bersama dengan menjadi pemirsa yang cerdas, ” kata Meutya.

Baca juga:   Bertengger di Trending Topic, Netizen Kompak #KawalUjiMateriUUPenyiaran

Sementara itu, menurut Komisioner KPI Pusat Hardley Stefano perkembangan teknologi digital membuat semua orang bisa membuat konten. Tetapi belum tentu semua bisa membuat konten seperti yang ada di televisi. “Oleh karenanya, berbagai program siaran yang sudah dikemas oleh televisi, termasuk ajang pencarian bakat, bisa menjadi wadah berkreasi untuk semua generasi milenial, ” kata Hardly.

Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada masyarakat mengenai perkembangan media siaran, khususnya televisi di era digital yang semakin berkembang pesat terlebih lagi di saat pandemi sekarang ini. Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) sebagai salah satu media siaran dan televisi swasta pertama di Indonesia selalu konsisten menghadirkan tayangan – tayangan berkualitas dan bermutu untuk pemirsanya.

Dari serangkaian program menarik yang tayang di RCTI, ada beberapa yang menjadi unggulan seperti program pencarian bakat bernyanyi Indonesian Idol. Sejak tayang pertama kali pada tahun 2004, Indonesian Idol sudah tayang sebanyak 10 season. Adapun pada Indonesia Idol X yang digelar dari akhir 2019 hingga Maret 2020, Lyodra dinobatkan sebagai juara, dan Tiara menjadi runner up.

“Beberapa program yang banyak disaksikan oleh pemirsa RCTI salah satunya adalah program pencarian bakat seperti Indonesian Idol. Tidak hanya menarik untuk disaksikan, tetapi program seperti Indonesian Idol juga memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa untuk mengembangkan potensi serta bakat yang dimiliki khususnya dalam bernyanyi, ” ucap Dini Putri Direktur Program dan Akuisisi RCTI.

Terkait perkembangan digital yang kian pesat di Indonesia, Dini juga menyampaikan bahwa hal tersebut tidak akan menjadi masalah bagi televisi, seiring dengan banyaknya konten – konten digital yang tayang di internet. “Migrasi kami [RCTI] free to air ke digital pastinya tidak memberikan masalah selama konten yang ditayangkan masih nyaman dan baik untuk disaksikan, serta memberikan dampak baik kepada masyarakat, ” ujar Dini.

Sementara itu, Lyodra berbagi pengalamannya selama mengikuti Indonesian Idol. Lyodra mengatakan kalau dirinya tidak pernah mengira bisa melangkah jauh bahkan bisa sampai menjadi juara di Indonesian Idol. Wanita berusia 17 tahun itu mengatakan kalau dirinya mengikuti Indonesian Idol adalah karena memang ingin mengasah kemampuannya dalam bernyanyi.

“Saya mulai serius bernyanyi itu kira – kira pas SD waktu usia saya 10 tahun. Tidak menyangka juga sih bisa menjadi juara di Indonesia Idol karena dulu pernah juga beberapa kali ikut ajang pencarian bakat menyanyi tapi tidak menang. Kemudian saya ikut Indonesian Idol karena saya melihat ada potensi untuk saya bisa mengembangkan diri dan bakat saya, ” kata Lyodra.

Selain berbagi pengalamannya selama mengikuti Indonesian Idol, Lyodra juga berbagi berpesan kepada seluruh anak bangsa di Indonesia untuk terus bersemangat mengejar impiannya. “Kalau bisa sukses dari muda, kenapa harus nunggu tua? Yang jelas harus tetap melatih diri dengan baik, berdoa dan serahkan semuanya kepada Tuhan, serta jangan takut gagal, ” pesan Lyodra.

(kem)