MicroSD-mu Rusak? Atasi dengan 5 Cara Ini

MicroSD-mu Rusak? Atasi dengan 5 Cara Ini

KARTU memori tambahan seperti microSD cukup diperlukan di smartphone. Pasalnya, bisa membuat data yang disimpan jadi lebih besar. Kapasitas microSD pun beragam, yakni mulai 4 hingga 512 GB.

MicroSD juga biasanya digunakan fotografer untuk menyimpan foto-foto. Sementara bagi videografer dipakai untuk menyimpan hasil rekaman. Kemudian bisa digunakan untuk fungsi lainnya.

Baca juga: Smartphone Sering Alami Hang? Perhatikan 5 Hal Ini 

Lalu bagaimana jika microSD itu tidak terbaca atau bahkan rusak? Tenang saja, coba lakukan lima cara ini, sebagaimana dikutip dari Gadgets Now .

1. Cek via Smartphone

Sebelum memutuskan untuk membeli kartu memori baru, sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu MicroSD ke ponsel lain. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah microSD benar-benar rusak atau tidak.

2. Bersihkan microSD

Kamu bisa membersihkan microSD menggunakan cotton buds. Cara ini bisa dilakukan jika microSD tetap tidak terbaca saat dicek di ponsel lain. Kamu cukup membersihkan lempengan besi berwarna kekuningan pada kartu sampai terlihat bersih secara perlahan. Setelah itu bisa mencobanya lagi di smartphone.

Baca juga: 4 Cara agar Smartphone Tidak Rusak saat Musim Hujan 

3. Cek di PC atau laptop

Pertama, kamu harus menyambungkan smartphone ke PC/laptop. Setelah itu cukup mengubah mode Media Transfer Mode (MTP) ke Mode Mass Storage (MSC). Lalu buka Explorer dan klik kanan pada drive microSD. Kemudian klik Properties > Tools > Error Checking. Tunggu sampai proses selesai lalu bisa mengecek kembali di smartphone.