Mulai Sekarang Hentikan Pakai Software Bajakan! Ini Bahayanya

JAKARTA – Pengguna gawai pasti memiliki banyak perangkat lunak atau software sebagai penunjang. Ada juga aplikasi atau software game, sebagai hiburan di waktu luang.

Di internet, banyak sekali aplikasi atau software yang bisa diunduh sesuai kebutuhan. Namun, tak sedikit juga software bajakan yang malah banyak digunakan.

Padahal, penggunaan software bajakan memiliki dampak berbahaya bagi perangkat yang digunakan.

Baca Juga:     Miliki 98 Juta Pengunduh, Data Pengguna Aplikasi Muslim Pro Dijual ke Militer AS

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan, aplikasi atau sofware bajakan rentan virus malware yang dapat mencuri dan merusak data.

Software bajakan juga pasti tidak akan mendapat pembaruan. Selain itu, penggunaannya tidak bisa maksimal, sering mengalami crash atau bug.

Baca Juga:     Contoh Software Akuntansi Terbaik, Bisa Bantu Kelola Bisnis

Lebih parah lagi, software bajakan memberikan pengaruh negatif pada kinerja pada PC. Serta menimbulkan potensi hilangnya data yang disimpan.

Sebenarnya, ada banyak aplikasi atau software resmi yang memang disediakan gratis. Di antaranya WPS Office, Google Sheets, Kdenlive, Open Shot, Davinci Resolve, Blender, dan Unreal Engine.

Biasakan memakai software gratis atau beli software legal agar terhindar bahaya-bahaya yang disebutkan sebelumnya.

Ada banyak perusahaan teknologi yang menyediakan toko untuk membeli software legal, seperti Adobe, App Store, Play Store, Microsoft Store, dan Steam.

(amr)