Nvidia Bakal Hentikan Produksi Kartu Grafis RTX 20-Series?

Nvidia Bakal Hentikan Produksi Kartu Grafis RTX 20-Series?

JAKARTA – Nvidia, produsen kartu grafis sedang menyiapkan tanggal peluncuran untuk generasi terbaru GeForce RTX 30 ‘Ampere’. Konon, perangkat tersebut bakal dirilis pada September 2020, dikutip Gizmodo .

Bersamaan dengan informasi tentang waktu peluncuran GeForce RTX 30 ‘Ampere’, disebut-sebut perusahaa akan menghentikan produksi kartu grafis RTX 20-series.

Menurut Wccftech (melalui situs berita Jepang Ithome), Nvidia tidak hanya menghentikan produksi pada RTX 2080 Ti, RTX 2080 Super, RTX 2070 Super, dan RTX 2070, tetapi keempat kartu itu juga akan dihapus dari daftar oleh vendor besar.

Apabila langkah ini benar-benar dilakukan, gamer mungkin menyaksikan peristiwa yang sama pada saat rilisnya RTX 20-series pada Oktober 2018. Nvidia telah mengumumkan akan menghentikan produksi kartu GTX 10-seri untuk memberi jalan bagi RTX 20-series.

Munculnya kartu grafis terbaru ini boleh jadi menimbulkan masalah dari sisi harga yang ditawarkan. Seperti diketahui, lonjakan penambangan cryptocurrency menciptakan kekurangan kartu grafis. Hal ini mengakibatkan meroketnya harga kartu grafis.

Baca juga: 15 Laptop Terbaik CES 2020: Laptop 2in1, Notebook, dan Ultrabook

Bukan saja kartu-kartu itu kekurangan persediaan, mereka bahkan lebih mahal daripada ketika mereka pertama kali dirilis. GTX 1080 Ti, misalnya, memulai debutnya dengan MSRP sebesar USD700, tetapi selama penghentian dan kekurangan, harganya mencapai USD1. 000 atau lebih dari penjual barang bekas.

Anggap laporan Nvidia yang menghentikan produksi kartu 20-seri itu benar, kemungkinan kita akan melihat hal yang sama terjadi lagi, ketika cryptominers mulai menyambar GPU. Penambang Cryptocurrency lebih memilih GPU daripada CPU hari ini karena GPU memiliki lebih banyak Unit Logika Aritmatika (ALU), yang melakukan perhitungan matematis.

Itu berarti mereka dapat melakukan lebih banyak perhitungan, yang menghasilkan lebih banyak output selama proses penambangan.

(ahl)

Loading…