Perjalanan Bill Gates, Berdirinya Microsoft hingga Perilisan DOS dan Windows

JAKARTA – Siapa yang tak kenal Bill Gates? Tokoh dunia ini sempat bertengger di puncak teratas orang terkaya di dunia dengan perusahaan yang ia bangun, Microsoft.

Sampai saat ini Microsoft masih menjadi software yang mendominasi dan dipakai di mayoritas komputer yang ada. Belum ada pesaing kuat dari perangkat lunak tersebut.

Bill Gates mendirikan Microsoft bersama teman masa kecilnya Paul Allen pada 1975 silam. Dua sahabat dari Seattle itu, mengubah BASIC, bahasa pemrograman komputer mainframe yang populer, untuk digunakan pada komputer pribadi (PC), Altair.

BACA JUGA: Dua Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates dan Melinda Memutuskan Bercerai

Allen bahkan harus berhenti dari pekerjaannya sebagai programmer di Boston dan Gates meninggalkan Universitas Harvard, saat ia maish menjadi mahasiswa untuk bisa dokus pada perusahaan baru mereka.

Tak lama kemudian, Gates dan Allen mendirikan Microsoft, mengambil nama dari kata mikrokomputer dan perangkat lunak.

Beberapa tahun berikutnya, mereka menyempurnakan BASIC dan mengembangkan bahasa pemrograman lainnya.

BACA JUGA: Diceraikan Bill Gates, Ini Berbagai Penghargaan yang Pernah Diterima Melinda Gates

Pada 1980 International Business Machines Corporation (IBM) meminta Microsoft untuk memproduksi perangkat lunak atau sistem operasi, untuk komputer pribadi pertamanya, IBM PC.

Microsoft membeli sistem operasi dari perusahaan lain, memodifikasinya, dan menamainya MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). Kemudian MS-DOS dirilis dengan IBM PC pada tahun 1981.

Setelah itu, sebagian besar produsen komputer pribadi melisensikan MS-DOS sebagai sistem operasi mereka, yang akhirnya menghasilkan pendapatan besar bagi Microsoft.