Peta Satelit Ungkap Es Mencair di Greenland dan Antartika

Peta Satelit Ungkap Es Mencair di Greenland dan Antartika

CALIFORNIA – Peneliti pengamati peta yang menggambarkan fenomena es mencair di Greenland dan Antartika. Dikutip inews , dua gambar satelit memperlihatkan lapisan es Bumi kehilangan banyak massa.

Para peneliti menggambarkan 16 tahun di Greenland dan Antartika seperti yang terlihat satelit NASA. Gambar-gambar itu melukiskan es mencair dengan cepat di sekitar pantai kedua wilayah tersebut.

Lapisan es Greenland kehilangan rata-rata 200 gigaton es per tahun. Sedangkan lapisan es Antartika kehilangan rata-rata 118 gigaton per tahun.

Sebagai referensi, kata peneliti, 1 gigaton es cukup untuk mengisi 400. 000 kolam renang Olimpiade. Semua es yang mencair bertanggung jawab atas kenaikan permukaan laut 0, 55 inci antara 2003 dan 2019.

Kenaikan itu menempatkan Bumi pada jalur untuk skenario pemanasan iklim terburuk yang dituangkan dalam laporan Intergovernmental Panel on Climate Change’s (IPCC). Skenario itu akan membuat ratusan juta orang yang tinggal di komunitas pesisir berisiko kehilangan rumah atau kehidupan mereka.

Untuk studi baru, para peneliti menggunakan data terbaru dari satelit ICESat-2 NASA yang diluncurkan pada 2018 untuk memantau perubahan ketinggian di darat dan es seluruh dunia. Tim membandingkan tingkan ketinggian 2019 dengan data yang direkam oleh satelit pendulunya, ICESat antara 2003 hingga 2009.

Di ribuan lokasi di mana dua set data saling tumpang tindih, tim dapat melihat dengan tepat berapa banyak es yang hilang dari Greenland dan Antariksa antara 2003 hingga 2019.

(ahl)

Loading…