Saksikan Gerhana Matahari Cincin Sore Ini, Begini Proses Terjadinya

JAKARTA – Penduduk di belahan bumi utara dapat menyaksikan”cincin api” di langit saat g erhana matahari cincin bergerak melintasi Bumi, hari ini Kamis (10/6/2021). Lalu bagaimana fenomena langka ini bisa terjadi?

Gerhana Matahari sendiri terjadi saat Bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi. Dengan begitu bayangannya jatuh di Bumi dan menghalangi cahaya Matahari.

Sementara itu bentuk cincin akibat jarak Bulan yang kali ini berada cukup jauh dari orbit elipsnya. Artinya Bulan tidak akan sepenuhnya menutupi permukaan Matahari seperti saat Gerhana Matahari Total.

Baca Juga:   Akan Ada 4 Kali Gerhana Matahari Cincin hingga 2027  

“Ini tidak akan terlihat seperti Matahari biasa, ” kata Jackie Faherty, astrofisikawan di American Museum of Natural History, dilansir dari laman Space, Kamis (10/6/2021).

Gerhana Matahari Cincin Api akan terlihat sempurna di garis lintang paling utara. Termasuk di wilayah Kutub Utara, sebagian Greenland dan Kanada.

Fenomena ini, kata Faherty, terbilang cukup keren sebab bayangan bulan akan melewati Bumi. Khususnya akan terlihat di Kutub Utara, padahal menurutnya cukup jarang Gerhana Matahari yang bisa melewati wilayah tersebut.

Meski tidak dapat disaksikan di Indonesia, tetapi masyarakat bisa melihat gerhana matahari cincin di berbagai belahan dunia melalui link ini mulai pukul 16. 00 melalui streaming GMC di link berita ini:   Indonesia Tak Kebagian Saksikan Gerhana Matahari, Jangan Khawatir Ini Daftar Link untuk Menonton 

Selain itu, Gerhana Sebagian juga akan nampak di sebagian Amerika Utara, Eropa dan Asia. Pada fase ini akan terlihat Bulan seakan menggigit permukaan Matahari.

Gerhana sebagian ini mungkin tidak semenarik saat penampakannya penuh. Namun menurut Faherty, fenomena itu bisa sangat luar biasa untuk disaksikan.

Nantinya Gerhana Matahari Sebagian terlihat seperti Bintang Mati di depan Matahari saat sedang terbit. Hal ini mengacu pada senjata luar angkasa seukuran bulan dari “Star Wars. “

Di Amerika Serikat, gerhana sebagian akan terlihat di sepanjang wilayah Tenggara, Timur Laut, Barat Tengah, dan bahkan di Alaska Utara.

(amr)