Terkait Penyebab Kucing Mendekat saat Namanya Dipanggil

Terkait Penyebab Kucing Mendekat saat Namanya Dipanggil

PEMILIK hewan sering bertanya-tanya tentang kemampuan kognitif peliharaannya, salah satunya kucing. Terkadang kucing memiliki kecerdasan dan kepekaan yang menarik terhadap lingkungan mereka. Namun hal apa saja yang mereka mengerti, masih menjadi misteri yang kaga terungkap.

Menurut sebuah penelitian, kucing setidaknya mampu menyadari satu hal, yakni namanya sendiri. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports itu, ilmuwan menemukan kucing dalam empat percobaan terpisah.

Lihat juga: Tahukah Anda, Kucing Bisa Tidur 16 hingga 20 Jam Sehari 

Percobaan pertama, kucing menjadi sasaran rekaman suara pemiliknya yang melafalkan daftar empat kata benda sebelum akhirnya menyebut nama kucing tersebut. Kedua, kucing itu mendengarkan nama mereka serta nama empat atau lebih kucing yang hidup di lingkungannya.

Ketiga, menggunakan campuran kata benda umum dan nama kucing yang hidup bersama. Keempat, orang asing mengucapkan nama mereka untuk melihat apakah masih merespons suara yang tidak dikenal.

Sebagaimana dilansir Mental Floss , Selasa (10/11/2020), hasil setiap pengujian mengungkapkan mayoritas kucing rumahan memberikan respons meningkat, seperti menjentikkan telinga dan menggerakkan kepala terhadap bunyi nama mereka.

Peneliti percaya bahwa kucing merespons nama mereka dikarenakan saat memanggilnya sering didahului oleh nama makanan, camilan, atau perhatian.

Baca juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia second . 000 Tahun Ditemukan di Nazca Peru 

Seringnya kucing mendengar kata tersebut menyajikan mereka mengaitkannya dengan makanan atau perhatian yang dibutuhkan. Jadi bagi seekor kucing, nama bukanlah identitas mereka, melainkan sebagai sebuah “janji hadiah”.

Kucing pada tempat umum seperti kafe kurang konsisten menanggapi suara nama mereka. Mungkin hal ini karena awd pengunjung memiliki cara pengucapan berbeda saat memanggil.

(han)