Trio Astronaut Amerika dan Rusia Mendarat Selamat di Bumi

Trio Astronaut Amerika dan Rusia Mendarat Selamat di Bumi

TRIO penjelajah luar angkasa kembali dengan selamat ke Bumi setelah enam bulan menjalankan misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kapsul Soyuz MS-16 yang membawa astronaut NASA Chris Cassidy beserta Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner dari Roscosmos Rusia mendarat di Stepa Kazakhstan, bagian tenggara Kota Dzhezkazgan, pada pukul 07. 54 (02. 54 GMT), Kamis 22 Oktober 2020.

Dikutip dari Fox News , Jumat (23/10/2020), setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, ketiganya dibawa menggunakan helikopter ke Dzhezkazgan. Dari sana mereka akan dipulangkan ke negara masing-masing.

Baca juga: Pesawat OSIRIS-REx NASA Berhasil Mendarat di Asteroid Bennu 

Cassidy akan naik pesawat NASA kembali ke Houston, Amerika Serikat. Sementara Vagner dan Ivanishin akan terbang pulang ke Star City, Rusia.

Para kru tersenyum ketika mereka berbicara dengan anggota tim pemulihan. NASA serta Roscosmos melaporkan bahwa mereka dalam kondisi baik.

Namun sebagai bagian dari tindakan pencegahan tambahan akibat virus corona (covid-19), trio astronaut tersebut akan menjalani pemulihan dan isolasi.

Astronaut NASA dan Roscosmos mendarat di Kazakhstan dengan selamat. (Foto: Roscosmos Space Agency via AP/Fox News)

Cassidy, Ivanishin, dan Vagner menghabiskan 196 hari di orbit, setelah tiba di ISS pada 9 April. Mereka meninggalkan Kate Rubins dari NASA serta Sergey Ryzhikov dan Sergey Kud-Sverchkov dari Roscosmos yang baru tiba minggu lalu untuk menjalani misi enam bulan di sana.

Cassidy, yang kembali dari misi luar angkasa ketiganya, sekarang telah menghabiskan total 378 hari di luar angkasa, tertinggi kelima di antara astronot Amerika Serikat.

Baca juga: Ditemukan 2 Exoplanet Sejauh 120 Tahun Cahaya dari Bumi 

Saat menjabat sebagai komandan stasiun, Cassidy menyambut kru SpaceX Demo-2 Robert Behnken dan Douglas Hurley. Ia juga astronaut pertama NASA yang meluncur ke ISS dengan pesawat ruang angkasa Amerika dari tanah Amerika sejak pensiunnya armada pesawat ulang-alik pada 2011.

Cassidy dan Behnken menyelesaikan empat perjalanan ruang angkasa selama total 23 jam dan 37 menit. Mereka termasuk dua dari empat astronot Amerika yang menyelesaikan 10 perjalanan ruang angkasa.

(han. -)