Windows 11 Gratis untuk Pengguna Windows 10, tapi Siap-Siap Kehilangan Fitur Ini

MICROSOFT baru saja mengumumkan hadirnya Windows 11, peranti lunak terbaru mereka yang menjadi langkah selanjutnya dari Windows 10. Dengan desain baru, kemampuan menjalankan aplikasi Android, dan banyak lagi; Windows 11 bisa didapat secara gratis bagi pengguna Windows 10.

Namun dengan munculnya Windows 11, beberapa fitur yang familiar bagi pengguna Windows 10 akan dihilangkan. Beberapa fitur ini dianggap jarang digunakan atau kurang memudahkan pengguna. Dengan datangnya fitur-fitur baru yang ditawarkan Windows 11, menghilangkan fitur lama yang tidak pernah dimanfaatkan adalah alasan logis.

Baca juga: Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Deretan Fitur Terbarunya 

Sebagaimana dilansir laman The Verge , salah satu fitur yang akan menghilang adalah Cortana. Asisten cerdas milik Windows ini tadinya diharapkan menjadi AI sekelas Siri milik iOS, tapi tidak banyak pengguna Windows 10 yang memakai fitur ini. Meski Cortana akan tetap bisa digunakan, sosoknya dihilangkan dari startup dan taskbar.

Di OS baru ini Live Tiles juga akan menghilang dari Start Menu. Setelah Microsoft mengeksplorasi pilihan-pilihan kustomisasi Live Tiles, di Windows 11 fitur ini akan hilang seutuhnya. Selain itu, Pinned Tiles di Start Menu dan mode tablet juga akan menghilang.

Dari sisi aplikasi dan program, Skype dan Microsoft OneNote tidak akan diikutsertakan dalam instalasi Windows 11. Pengguna yang membutuhkan program-program tersebut harus mengunduh dari situs penyedia masing-masing.

Selain dua program workplace itu, dua program ramah 3D milik Windows, Paint 3D dan 3D Viewer, juga tidak akan diikutsertakan dalam instalasi Windows 11.

Baca juga: Ini Perubahan Besar di Windows 11 Microsoft 

Meskipun fitur dan aplikasi tersebut dihilangkan dari Windows 11, beberapa versi dari program-program di atas akan tetap tersedia di Microsoft Store atau situs-situs resminya.

Tentu akan ada masalah kompatibilitas di awal peluncuran, namun dipastikan dalam waktu dekat program-program tersebut akan bisa digunakan di OS terbaru Microsoft ini.

(han)